Kamis, 24 Mei 2012

MEMPERTAJAM PERAN WALI KELAS DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Apabila kita berbicara wali kelas maka yang terlintas di benak kita adalah seorang guru yang ditunjuk untuk bertanggung jawab pada kelas yang dibimbingnya,atau kalau kita memakai bahasa siswa mereka (siswa)berpendapat bahwa wali kelas adalah orang yang menentukan naik atau tidaknya siswa.Apa betul demikian? Untuk itulah redaksi Makisba (majalah kreatifitas SMK BARUNAWATI) mencoba berbincang-bincang dengan kepala Sekolah yang ditemani SDM yaitu Ibu Yuni Amaliah. Akhir-akhir ini wali kelas selalu menjadi perbincangan yang menarik dikalangan guru, ada apa ini? Apakah ibu bisa memberikan sedikit penjelasan?


Ibu Yuni memberikan penjelasan, bahwa peran wali kelas oleh Yayasan akan dipertajam agar bisa membangun karakter siswa.Sehingga wali kelas mempunyai fungsi ganda yaitu wakil kepala sekolah dikelas yang dibimbingnya dan wakil orang tua dikelas yang dibimbingnya.
Sebagai wakil kepala sekolah dikelas yang dibimbingnya wali kelas mempunyai tugas pokok yaitu pengelola kelas, administrator kelas dan supervisor dan guru pembimbing.Dalam pengelola kelas ada 2 sasaran penting yaitu cara pandang bahwa kelas sebagai kelompok anak didik dan kelas sebagai tempat belajar.Sedangkan yang dimaksud administrator kelas adalah wali kelas wajib mengetahui dan mengenal peserta didiknya secara administrasi,denah tempat duduknya,jumlah peserta didik, keadaan keluarganya sampai pada pelaporan.
Lalu apa fungsi wali kelas sebagai supervisor dan guru pembimbing?
Kembali bu Yuni menjelaskan, wali kelas melakukan kegiatan:
a.Mengadakan supervisi di kelas binaannya, dalam hal Kegiatan Belajar Mengajar, Kegiatan Bimbingan Karier dan Kegiatan ekstrakulikuler
b.Penyusunan pembuatan statistik bulanan siswa
c. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (Legger)
d. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
e. Pencatatan mutasi siswa.
f. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
g.Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
Wah cukup rumit tugas wali kelas ya?
Tim Makisba kemudian menanyakan peran wali kelas sebagai wakil orang tua dikelas yang dibimbingnya.
  1. Membuat biodata siswa binaannya
  2. Mengajukan usul, saran mengenai bakat siswa kepada kepala Sekolah
  3. Mengusulkan keringanan beban keuangan siswa binaannya kepada kepala Sekolah
  4.  Membantu mengembangkan kecerdasan siswa binaannya, antara lain dengan :
a.  membentuk kelompok belajar
b.  menentukan laporan bulanan yang berisi jumlah buku yang telah dibaca oleh siswa binaannya dengan disertai bukti-bukti fisik
c.  membimbing cara belajar yang bermakna
d. membantu mengembangkan ketrampilan siswa binaannya (home industri)
e. mempertinggi budi pekerti dan memperkuat kepribadian siswa binaannya antara lain dengan cara :
-  Memberi keteladanan (terutama kehadiran)
-  Menganjurkan siswa supaya membaca sejarah Nabi dan Rasul, dan cerita kepahlawanan
Mempertinggi budi pekerti dan memperkuat kepribadian siswa binaannya antara lain dengan cara :
a. Senantiasa meningkatkan ketaqwaan siswa binaannya, antara lain dengan cara :
- Mengadakan Istiqosah  kelas
- Memimpin / mengikuti sholat berjama’ah
- Meningkatkan pembinaan kelas pada waktu ada jam kosong/tidak ada jam pelajaran
b. Memberi keteladanan (terutama kehadiran)
c.  Menganjurkan siswa supaya membaca sejarah Nabi dan Rasul, dan cerita kepahlawanan
Demikianlah akhirnya tim Makisba merasa puas,  menerima penjelasan bu Yuni dan dapat disimpulkan bahwa apabila peran wali kelas berjalan maksimal maka secara automatis akan membangun karakter siswa.
barunawati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar